Inilah Teknik Membuat Pidato Sambutan Yang Efektif dan Menarik

Inilah Teknik Membuat Pidato Sambutan Yang Efektif dan Menarik

Pidato sambutan, pasti Anda sering menjumpainya dalam berbagai macam kegiatan. Seperti pidato sambutan seminar, perayaan kemerdekaan, perpisahan, reuni atau yang lain.

Tapi kalau saya boleh bertanya kepada Anda, saat mendengarkan pidato sambutan, apa yang umumnya Anda rasakan?

Tertarikkah Anda dengan pidato sambutan yang umum dilakukan oleh banyak orang? atau Anda malah sering mengantuk, bosan dan berharap pidato sambutan cepat berlalu dari hadapan Anda.
Jika Anda merasakan hal-hal di atas, maka Anda tidak sendiri. Saya dan banyak orang di luar sana juga sering merasakan hal yang sama.

Hal ini juga berlaku untuk Anda, jika Anda membuat pidato sambutan Anda biasa saja, maka hal yang sama juga akan dirasakan audiens Anda.

Nah, supaya Anda bisa membuat sambutan yang efektif dan menarik, berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa Anda terapkan.

1. Buatlah materi dengan menggunakan teknik 2W + 1H

Membuat materi dengan teknik 2W + 1 H ini sering saya gunakan dalam pidato sambutan. Teknik ini pula yang sering saya ajarkan kepada beberapa sahabat-sahabat saya untuk membuat pidato sambutan.
Bagaimana cara kerjanya teknik ini?

Sangat sederhana. Contohnya dapat Anda simak pada contoh pembuatan materi pidato sambutan untuk seminar Jago Jualan berikut ini:

Pertama, silakan gali ide utama dengan menggunakan teknik 2W + 1H

Why? Kenapa seminar jago jualan?
• Jualan adalah senjata orang berdagang.
• Jualan atau marketing salah satu masalah utama para pengusaha atau pedagang.
• Kebanyakan pengusaha dan pedagang masih minim ilmu jualan.

What? Apa tujuannya?
• Peserta memiliki mindset bahwa jualan itu tidak sulit
• Peserta menguasai trik dan strategi jualan yang ampuh dan profitable
• Peserta dapat mengaplikasikan strategi yang diberikan

How? Bagaimana supaya mendapatkan manfaat dari seminar ini?
• Belajar dengan gembira
• Ikut terlibat
• Berikan respon

Setelah itu kembangkan ide dengan menambahkan penjelasan yang relevan.

Untuk mengembangkan materi ada dua cara.

Pertama, tambahan penjelasan pada tiap-tiap ide-ide utama yang murni dari pikiran Anda. Ini untuk memastikan bahwa Anda menguasai setiap materi yang akan Anda sampaikan.

Kedua, bila diperlukan tambahkan data, fakta, kutipan untuk memperkuat tiap penjelasan yang Anda buat.

2. Sampaikan pidato Anda dengan Meyakinkan
Dalam menyampaikan pidato ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, Pembukaan pidato.

Dalam hal ini saya sarankan Anda jangan membuka pidato terlalu lama. Cukup katakan apa yang ingin Anda katakan, waktu yang Anda butuhkan, dan agenda yang akan Anda sampaikan.

Kedua, sampaikan dengan tepat waktu.

Ingat, tujuan utama audiens datang bukan untuk mendengarkan Anda, tapi untuk mengikuti kegiatan utama yang diselenggarakan, jadi jangan buat mereka resah hanya karena Anda berbicara terlalu lama atau melebihi batas waktu.

Ketiga, sampaikan dengan meyakinkan.
Untuk bisa berbicara dengan meyakinkan, Anda harus tahu bagaimana cara bicara dengan baik (bahasa, variasi suara, kejernihan suara) harus Anda optimalkan dengan baik. Selain itu perkuat setiap pesan yang Anda sampaikan dengan bahasa tubuh yang senada.

Keempat, tutup dengan sesuatu yang nendang
Nendang di sini maksudnya penutupan Anda harus bermakna. Ini bisa Anda lakukan dengan beberapa teknik misalnya dengan menggunakan kutipan, membuat pernyataan inspiratif dan ajakan untuk bertindak.

Baca ulasan saya tentang cara menutup presentasi di sini.

Demikianlah teknik-teknik sederhana bagaimana membuat pidato sambutan Anda efektif dan menarik.

Contoh skrip pidato sambutan Seminar jago jualan

Assalamu’alaikum wr.wb.

Selamat pagi bapak dan ibu sekalian.
Sebelumnya saya ucapkan selamat datang di Seminar Jago Jualan – Bersama praktisi dan pakar jualan pak ….

Sebelumnya perkenalkan nama saya Robin ketua panitia penyelenggara seminar jago jualan ini.

Di sini saya tidak akan berbicara lama bapak dan ibu, saya hanya butuh waktu 10 menit untuk menyampaikan tiga hal. hanya 10 menit dan hanya tiga hal yang akan sampaikan.

Pertama adalah Alasan kenapa seminar jago jualan ini kami selenggarakan.

Bicara tentang jualan bapak dan ibu, ini adalah ujung tombak dalam bisnis. Tidak bisa jualan maka tidak ada uang datang, tidak ada uang datang tidak akan ada bisnis yang berkembang.

Dan tidak bisa kita pungkiri juga, cara jualan atau marketing juga menjadi salah satu tantangan bagi banyak pedagang dan pengusaha. Dan mungkin, ini juga menjadi salah satu tantang bagi Anda.

Memang benar bapak dan ibu, semua orang pada hakekatnya bisa jualan. Namun sayangnya sebagian besar dari mereka masih menggunakan cara jualan konvensional.

Menunggu orang datang ke toko, memasang spanduk atau cara-cara lama yang lainnya. Dan anehnya banyak orang merasa nyaman saja dengan keadaan tersebut. Mungkin mereka punya prinsip “gak apa-apa untung sedikit-sedikit nanti lama-lama juga akan berkembang.

Prinsip itu tidak salah bapak dan ibu, tapi lama. Dan saya rasa banyak orang akan sulit bertahan dengan kondisi semacam itu.

Karena itulah akhirnya, kami tergugah untuk membantu Anda para pedagang dan pengusaha, atau pelaku bisnis khususnya di wilayah yang kita cintai ini supaya bisa meningkatkan omset jualan 2x, 4x bahkan 10x lipat dari sebelumnya.

Itulah adalah alasan kenapa seminar jago jualan ini kami selenggarakan.

Kemudian yang kedua, adalah tentang tujuan diadakannya seminar jago jualan ini.
Apa sih tujuan utama dari seminar ini?

Ada tiga tujuan utama yang ingin kita capai bapak dan ibu ..

Pertama, supaya Anda memiliki mindset yang benar tentang jualan. Supaya Anda yang awalnya menganggap jualan sulit, setelah mengikuti seminar ini Anda punya sadar bahwa jualan itu mudah. Apalagi di tengah perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, jualan benar-benar akan terasa mudah karena banyak media bisa Anda gunakan untuk jualan.

Kedua, supaya Anda menguasai trik dan strategi jualan yang ampuh dan profitable. Jualan itu seperti berperang bapak dan ibu, butuh perencanaan dan strategi yang matang. Karena tanpa itu Anda hanya akan buang energi, waktu dan biaya namun hasilnya tidak ada.

Ketiga, supaya Anda dapat mengaplikasikan strategi yang diberikan untuk meningkatkan omset penjualan. Ini adalah tujuan terakhir kami, karena kami percaya ilmu tanpa praktek nol. Dan kami sengaja mendatangkan praktisi jualan, bukan motivator untuk mengajar Anda. Karena kami tahu ilmu-ilmu praktis yang akan beliau ajarkan nanti adalah ilmu-ilmu praktis dan aplikatif yang pastinya bisa Anda tiru dan modifikasi.

Itulah tujuan kami menyelenggarakan seminar ini.

Kemudian yang ketiga yang terakhir, kami ingin menyampaikan bahwa seminar akan benar-benar memberikan manfaat jika dalam seminar ini Anda melakukan dua hal.

Pertama, belajar dengan gembira. Lupakan sejenak masalah Anda, lupakan sejenak dagangan Anda, fokuskan pikiran Anda di sini, anggaplah ini rekreasi bagi pikiran Anda.

Kedua Anda harus Ikut terlibat. Jika Anda di minta untuk mengemukakan pendapat, kemukakan pendapat Anda. Jika Anda diminta bertanya, maka bertanyalah.

Demikianlah bapak dan ibu, tiga hal sudah saya sampaikan.

Sebelum saya akhiri saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh tim panitia penyelenggara, sponsor dan berbagi pihak yang membantu terlaksananya acara ini. terima kasih atas kerjasamanya, karena tanpa kerja sama yang baik ini, kegiatan ini tidak mungkin bisa berjalan degan lancar.

Sebagai penutup, ada pertanyaan menarik yang ingin saya sampaikan kepada Anda
Sukses dalam bisnis itu tidak terletak pada tempat usaha Anda, tidak pada modal Anda, tidak pula pada hak paten dari produk Anda, tapi sukses dalam bisnis adalah tentang bagaimana Anda menjual produk Anda.

Artinya tidak peduli apakah Anda pemilik kedai kopi atau seorang intelektual, atau pemilik bisnis. Saya pikir aturan yang sama berlaku bagi semua orang apa pun profesinya. . Orang yang paling jago jualan, dialah yang akan sukses.

Terima kasih, wassalamualaikum wr wb

Gunakan pendekatan ini untuk situasi yang relevan dengan kegiatan Anda . Pahami tekniknya, tiru dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Photo Credit: Commons Wikimedia

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

8 Comments

  1. this is very interesting for me. sebuah ulasan yang menarik. saya sebagai dosen rethorika memberikan komentar ini ulasan dengan analogi yang belum pernah disampaikan banyak praktisi. mohon ijin perkenan dari bapak materi ini saya akan jadikan tambahan bahan materi rethorika saya. sukses terus untuk ronapresentasi.com#sthash.83wCSubs.dpuf

  2. Terima kasih pak Suhari atas umpan balik yang bapak berikan. Jika bapak berkenan menggunakan artikel ini sebagai bahan materi, saya persilahkan pak. Justru akan menjadi sebuah kebahagiaan bagi saya bila ulasan yang kami tulis ini memberikan manfaat buat banyak orang. Sukses buat pak Suhara, salam kenal Rona Binham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *