8 Cara Membuat Slide Profesional Dengan Tipografi

Tipografi desain slide

Cara Membuat Slide Profesional Dengan Tipografi – Salah satu hal yang sering dikeluhkan banyak orang dalam membuat slide adalah susahnya mencari gambar. Dan itu memang benar.  Mencari gambar untuk kebutuhan slide memang tidak mudah. Diperlukan kesabaran untuk menemukan gambar yang sesuai dengan kebutuhan.

Dan jika hal tersebut menjadi permasalahan Anda saat ini, saya akan menunjukkan solusinya untuk Anda.

Jika memang Anda terlalu sulit menemukan gambar atau mungkin memang tidak ada gambar yang sesuai, Anda  bisa membuat slide profesional dengan tipografi.

Slide yang baik idealnya  memang  memiliki tampilan visual atau gambar yang menarik. Tapi perlu Anda pahami, gambar bukanlah dekorasi.  Jadi jika memang tidak ada gambar yang relevan Anda bisa tidak menggunakan gambar. Cukup dengan optimasi pada teks atau tipografi, Anda juga dapat membuat slide yang indah yang menarik perhatian meski tanpa sebuah gambar.

Silakan Anda perhatikan slide presentasi berikut ini.

Presentasi yang Anda lihat di atas, sama sekali tidak menggunakan gambar. Tapi Anda dapat melihat sendiri slide di atas tetap indah dan tetap menarik. Dan untuk membuatnya tidak sulit, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide indah meski tanpa gambar.

1. Memilih jenis font yang tepat

Memilih jenis font yang tepat untuk slide perlu menjadi pertimbangan jika Anda ingin membuat slide Anda indah dengan tipografi. Anda harus paham jenis font apa yang akan Anda gunakan, apakah font serif, san serif, scripts atau yang lain. Tidak hanya sekedar memilih namun Anda juga harus memastikan font yang Anda gunakan mudah dibaca dan memiliki karakter yang menarik.

Untuk mendapatkan font yang menarik Anda bisa menggunakan font custom, dan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui situs penyedia font

2. Menggunakan maksimal 3 jenis font

Jika Anda sudah menemukan jenis font yang sesuai untuk slide Anda, bukan berarti Anda bebas menggunakan berbagai macam jenis font untuk slide Anda. Ada aturan yang harus Anda pahami. Gunakan maksimal 3 jenis font pada satu slide Anda. Ini penting supaya slide Anda terlihat profesional.

3. Membuat variasi ukuran teks

Menggunakan variasi ukuran teks juga perlu menjadi pertimbangan matang. Ini  selain membuat slide menarik, variasi ukuran juga penting untuk menciptakan kontras pada teks yang Anda buat. Anda bisa membuat penekanan pada teks yang Anda fokuskan dengan ukuran yang lebih besar, dan membuat teks lainnya sedikit lebih kecil.

4. Menggunakan skema warna dengan baik

Tidak dapat dipungkiri bahwa warna adalah salah satu elemen penting untuk menciptakan kejelasan, harmoni dan keindahan pada slide. Untuk itu mempertimbangkan penggunaan skema warna perlu menjadi kebiasaan yang selalu Anda bangun. Dalam menggunakan skema warna pastikan dua hal ini tidak Anda tinggalkan. Pertama adalah harmonisasi warna. Kedua, adalah kontras warna.

5. Pengaturan posisi teks

Pengaturan posisi teks juga penting supaya slide Anda tidak terlihat membosankan. Anda perlu berimprovisasi di sini, Anda bisa menempatkan teks Anda ditengah slide, di tengah atas, di tengah bawah, di bagian kiri atas atau kiri bawah, atau pun dibagian kanan atas dan kanan bawah.

6. Teks tidak harus selalu ditempatkan horizontal

Jika kebanyakan teks pada slide diletakkan secara horizontal, maka Anda boleh membuatnya berbeda. Misalnya dengan meletakkan teks dengan posisi. Tapi tentunya harus tetap memperhatikan kemudahan audiens dalam membaca.

7. Padukan dengan shape

Membuat slide dengan tipografi, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan elemen lain di powerpoint. Anda dapat menggunakan elemen lain, salah satunya shape. Untuk memperindah teks Anda bisa memadukan teks dengan shape supaya hasilnya lebih bagus.

8. Pastikan teks yang Anda buat ringkas

Untuk memaksimalkan membuat slide dengan tipografi, maka Anda harus memastikan teks yang Anda buat ringkas. Ini tidak dapat ditawar, karena jika teks yang Anda buat panjang, maka akan sulit mengoptimasi teks Anda.

Demikianlah 8 cara membuat slide profesional dengan tipografi. Jadi jika Anda merasa sulit membuat slide dengan gambar, karena tidak ada gambar yang relevan atau memang sulit mendapatkan, Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat slide. Dan Anda tidak perlu khawatir dengan optimasi sederhana seperti yang tunjukkan Anda tetap akan mampu membuat slide profesional meskipun tidak menggunakan gambar.

Bagaimana menurut Anda?

Silakan bagikan komentar Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Photo Credit: Gaston Ferreyra

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *