Cara Mudah dan Cepat Memilih Perpaduan Font Yang Baik Untuk Desain Slide Presentasi Anda

Cara Mudah dan Cepat Memilih Perpaduan Font Yang Baik Untuk Desain Slide Presentasi Anda

Menggunakan font dalam membuat desain slide tidak bisa sembarangan. Selain font harus dapat terbaca dengan baik, perpaduan pemilihan font juga harus diperhatikan.

Sayangnya untuk bisa memilih perpaduan font yang tepat itu tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras, dibutuhkan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan perpaduan terbaik yang diinginkan.

Dan jika Anda merasakan hal yang sama, sering merasa kesulitan memilih perpaduan font, maka informasi dalam posting ini akan sangat membantu Anda.

Karena dalam posting ini Anda akan menemukan cara paling mudah dan cepat bagaimana memilih perpaduan font yang baik dan tepat untuk desain slide presentasi Anda.

Bagaimana cara melakukannya, silakan Anda ikuti panduan ini.

1. Nyontek font yang digunakan pada slide terbaik slide share

Sudah bukan rahasia lagi kalau slide share adalah tempat yang sangat rekomended untuk mendapatkan inspirasi bagaimana mendesain slide presentasi keren kelas dunia.

Puluhan bahkan mungkin ratusan slide designer mengaploud slide presentasi terbaik yang mereka buat. Dan yang menyenangkan dari itu semua adalah hampir sebagian besar slide terbaik slide share tersebut bisa Anda download dan Anda pelajari untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam mendesain, termasuk mempelajari jenis font yang mereka gunakan.

Anda perhatikan contoh slide di bawah ini.

nyontek slide slideshare

 

Slide sebelah kiri adalah slide kelas dunia Slide That Rock.

Slide di atas menggunakan dua jenis font yaitu Lobster dan Bebas Neue.

Kemudian slide sebelah kanan adalah slide yang saya buat dengan menggunakan jenis font yang sama, dan hasilnya bisa Anda perhatikan sendiri, perpaduan  font lobster dan bebas neue begitu harmonis dan menarik diterapkan untuk slide yang saya buat.

Bagaimana cara mengetahui font pada slide slide share.

Pertama, silakan Anda download slide dari slide share.

Kedua, buka file tersebut biasanya dalam format pdf.

Ketiga, klik kanan pada menu file pada pojok kiri atas, kemudian klik pilihan properties, kemudian pilih font.

font pdf

Anda perhatikan slide di atas menggunakan beberapa jenis font, namun saya tidak menggunakan semuanya, kecuali dua yaitu bebas neue dan lobster.

Tapi perlu Anda tahu juga bahwa tidak semua slide di slide share bisa Anda ketahui jenis fontnya. Ini dikarenakan pemilik slide memproteksi bagian informasi font. Jika terjadi seperti ini maka Anda harus cari slide yang lain yang tidak terproteksi.

2. Nyontek font yang digunakan pada slide canva

Seperti yang pernah saya bahas dalam artikel saya yang lain tentang tool presentasi online, saya pernah membahas tentang canva.

Ya, canva adalah tool untuk membuat presentasi online yang luar biasa. Dan salah satu yang paling menonjol dari slide canva adalah perpaduan font yang digunakan.

Tentu ini akan sangat berguna untuk Anda, karena Anda tinggal menyontek font yang digunakan dan menerapkannya untuk slide presentasi Anda.

Screenshot_421

3. Memanfaatkan situs fontpair

Kemudian cara yang ketiga adalah dengan memanfaatkan situs fontpair.co.

Ini adalah situs yang luar biasa, karena di sana Anda akan dapat dengan mudah menemukan perpaduan font yang tepat untuk desain slide presentasi Anda.

Anda perhatikan gambar di bawah ini.

menu fontpair

Gambar di atas adalah tampilan menu pilihan perpaduan font di fontpair. Anda perhatikan ada 6 variasi perpaduan yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda ingin membuat perpaduan font Serif dan San Serif Anda bisa klik di menu yang kedua. Jika ingin membuat perpaduan yang lain Anda bisa klik di menu yang lainnya.

Bagian terbaiknya lagi adalah Anda dapat dengan cepat memutuskan mana perpaduan font yang akan Anda gunakan, bagaimana mereka dapat digunakan dan bagaimana Anda bisa mendownload mereka.

contoh perpaduan font di fontpair4. Memanfaatkan situs typewolf

Hampir mirip dengan situs fontpair, situs ini juga menyediakan banyak pilihan perpaduan font yang bisa Anda gunakan untuk slide presentasi Anda.

Cara pemanfaatannya juga sangat mudah, Anda klik menu “Site Of The Day”  kemudian pilih salah satu judul yang Anda inginkan, setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman informasi terkait dengan perpaduan jenis font yang digunakan.

contoh font di typewolf

 

Khusus untuk situs font pair maupun styewolf  ini sebenarnya adalah inspirasi untuk para desainer web, namun demikian sumber daya yang Anda masih sangat relevan dan sangat bisa Anda gunakan untuk desain slide presentasi Anda.

Percayalah ini adalah sumber daya luar biasa untuk mendapatkan perpaduan font terbaik dengan mudah dan cepat untuk slide presentasi Anda.

Kesimpulan

Demikianlah tips sederhana cara mudah dan cepat memilih perpaduan font yang baik dan tepat untuk presentasi Anda.

Silakan Anda pilih cara yang menurut Anda paling sesuai dengan keadaan Anda, paling memungkinkan dengan waktu yang Anda miliki. Kalau misalnya Anda butuh membuat desain dengan cepat, karena harus segera digunakan, maka saran nomor tiga dan empat paling saya rekomendasikan.

Bagaimana menurut Anda, silakan bagi komentar Anda melalui kolom komentar di bawah.

 

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *