Teknik Menyampaikan Presentasi yang Menarik dan Memukau

Teknik presentasi

Menampilkan presentasi yang menarik dan memukau, mutlak dilakukan oleh seorang presenter. Berikut ada beberapa teknik menyampaikan presentasi yang menarik yang akan membuat audiens Anda terpukau dengan penampilan Anda.

1. Teknik Bercerita

Cerita adalah salah satu teknik presentasi yang selalu menarik dalam presentasi. Kebanyakan orang suka dengan cerita dan ini sulit ditolak oleh audiens. Terlebih, jika cerita dikemas dengan baik, dan natural saat disampaikan. Dengan cerita Anda tidak hanya mempengaruhi pikiran audiens tapi juga membangun hubungan emosional yang baik dengan audiens.

Bagaimana cara menggunakan cerita dalam  presentasi?

Gunakan cerita yang sesuai dengan topik yang Anda sampaikan. Ceritakan pengalaman pribadi Anda atau pengalaman orang lain yang inspiratif, mengharukan atau pun yang lucu.  Berceritalah dengan penuh antusias dan penghayatan.

Untuk pembahasan lengkap bagaimana menggunakan teknik cerita atau story telling dapat Anda baca dalam artikel saya di bawah ini.

2. Teknik Humor

Beberapa presentasi terbaik dan terjelek mengandalkan humor. Perbedaannya terletak pada kapan dan bagaimana Anda menggunakannya. Humor yang disampaikan secara tepat akan membuat audiens benar-benar terhibur dengan presentasi Anda. Terlebih, jika humor disampaikan natural.

Artinya Anda sebagai presenter benar-benar mampu menunjukkan humor yang tidak dibuat-buat. Kalaupun memang humor itu sudah menjadi bagian dari persiapan Anda. Anda harus benar-benar sudah melatihnya, sehingga Anda mampu menyampaikannya senatural mungkin.

Tapi perlu Anda ingat, jangan pernah memaksakan diri menggunakan humor, kalau Anda sendiri tidak memiliki selera humor. Karena menggunakan humor dalam presentasi membutuhkan keterampilan khusus yang tidak semua presenter mampu melakukannya.

3.Teknik Pengulangan 

Untuk meyakinkan audiens tentang pernyataan penting yang Anda sampaikan, Anda bisa menggunakan teknik pengulangan (anaphora).

Anaphora adalah istilah Yunani yang digunakan untuk menggambarkan pengulangan dari kata atau frase yang sama pada awal klausa atau kalimat berurutan.

Teknik presentasi Anaphora biasanya digunakan pada presentasi atau pidato yang inspirasional atau motivasional. Tujuannya adalah untuk mengajak audiens dan mempengaruhi emosi audiens supaya menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh presenter.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai teknik Anaphora, dapat Anda baca di sini => Menggunakan Teknik Anaphora Dalam Presentasi

4. Teknik The Rule Of Three

The Rule Of Three adalah salah satu teknik presentasi kelas dunia yang sudah banyak digunakan oleh pakar-pakar presentasi dari zaman-zaman.

Teknik ini akan memudahkan Anda untuk mengekspresikan konsep lebih lengkap, menekankan poin presentasi Anda, dan memudahkan audiens mengingat apa yang Anda sampaikan.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai teknik the rule of three ini, dapat Anda baca di sini =>The Rule Of Three Teknik Presentasi Kelas Dunia.

5. Teknik Vocal

Suara adalah kekuatan utama seorang presenter.  Menarik dan tidaknya sebuah presentasi salah satunya juga akan sangat ditentukan dari teknik vocal ini.

Karena itu jika Anda ingin bisa tampil menarik maka gunakan teknik vocal ini Anda dengan baik. Bicaralah dengan suara yang jelas, tidak bergumama, gunakan nada atau suara yang dapat mereflesikan pesan yang akan Anda sampaikan.

Lakukan varisasi pada vulume suara, kecepatan berbicara maupun kedalam suara yang Anda sampaikan.

6. Teknik Body Lenguage

Charles Bonar Sirait dalam bukunya The Power Of Public Speaking menjelaskan ada dua manfaat menggunakan bahasa tubuh  yaitu untuk memperkuat kata-kata dan sebagai cerminan perasaan.

Jadi apa yang Anda sampaikan, bagaimana perasaan Anda dapat dengan mudah terlihat oleh audiens jika didukung dengan bahasa tubuh yang senada.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai teknik body lenguage ini, dapat Anda baca di sini => Tips Praktis Menggunakan bahasa tubuh yang efektif

7. Jadi diri sendiri

Anda tidak perlu menjadi Steve Jobs, Al Gore, Obama, Soekarno, Anis Baswedan atau siapa saja yang Anda kagumi. Kenapa begitu? Karena Anda tidak akan pernah menjadi mereka.

Cara terbaik menjadi presenter yang  menarik dan memukau adalah dengan menjadi diri sendiri. Anda harus memahami betul diri Anda. Dengan begitu Anda akan mampu menggunakan teknik sesuai dengan kemampuan Anda. Buat orang mengenal Anda sebagai diri Anda, bukan sebagai orang lain.

Dan percayalah audiens lebih suka Anda menjadi diri sendiri.

Demikianlah beberapa teknik menyampaikan presentasi yang menarik yang bisa Anda terapkan dalam presentasi Anda. Tapi perlu Anda catat, tidak ada satu pun teknik yang baik,  jika Anda tidak melakukan persiapan dengan baik. Untuk itu siapkan presentasi Anda sebaik mungkin dan terapkan teknik-teknik tersebut sesuai dengan tujuan presentasi Anda.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda punya pendapat lain silahkan bagi melalui komentar

Photo Credit: Kris Krug. Attribution-ShareAlike

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

4 Comments

    1. Salam,
      Untuk bisa menghidupkan suasan dalam presentasi, caranya hanya satu yaitu dengan melibatkan audiens dalam presentasi. Dan cara untuk melibatkan audiens dalam presentasi bisa Anda baca di sini . Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *