5 Tips Menggunakan Gambar  Pada Slide Presentasi  Yang Baik dan Benar

5 Tips Menggunakan Gambar Pada Slide Presentasi Yang Baik dan Benar

Sebuah gambar (foto) yang digunakan secara tepat dapat membantu pesan Anda dipahami dengan mudah, mampu menggugah emosi audiens dan menarik perhatian mereka.

Namun jika Anda salah dalam menggunakan gambar, maka dampaknya akan sebaliknya audiens tidak akan paham, bosan, bahkan berpotensi untuk membuat audiens Anda bingung.

Karena itulah sangat penting menggunakan gambar dengan tepat untuk presentasi Anda. Di sini anda akan melihat lima tips menggunakan gambar dalam slide presentasi  dengan baik dan benar

1. Gunakan gambar yang relevan

Dalam slide powerpoint  gambar berfungsi untuk memvisualisasikan pesan yang Anda sampaikan, memperjelas konsep-konsep kunci supaya audiens paham dan menarik perhatian mereka.

Untuk itu gambar yang Anda gunakan harus relevan, dengan konten yang Anda sampaikan.

Perhatikan contoh slide di bawah ini.

Slide-Gambar-Relevan-After

Anda perhatikan slide di atas, perhatikan bagaimana gambar yang dipakai yaitu orang memegang kepala dengan wajah pesimis melihat tumpukan pekerjaan yang ada di hadapannya. Gambar tersebut relevan dan dapat menciptakan asosiasi yang menjelaskan beban kerja sebagai penyebab stres kerja.

2. Gunakan gambar yang berkualitas

Gambar yang baik untuk slide harus memiliki resolusi yang baik. Sehingga ketika ditampilkan ke layar tidak pecah atau kabur. Hindari menggunakan gambar dari google image, karena kebanyakan gambar di sana memiliki resolusi rendah. Selain itu terkadang lisensi atas gambar juga tidak jelas.

Perhatikan slide di bawah ini.

Gambar-Tidak-Berkualitas

Perhatikan gambar pada slide di atas, Anda bisa lihat slide di atas menggunakan gambar dengan resolusi yang buruk. Meski slide di atas menarik, namun saat diproyeksikan sudah pasti gambar akan menjadi kabur atau pecah. Hal ini tentu membuat tampilan slide tidak menarik dan tidak terlihat profesional.

Sekarang perhatikan slide di bawah ini.

Gambar-Berkualitas

Perhatikan gambar pada slide di atas. Gambar yang digunakan sama dengan slide sebelumnya, namun karena gambarnya berkualitas baik, maka membuat slide tampak lebih profesional. Dan tentunya slide dengan gambar yang beresolusi baik tidak akan pecah saat diproyeksikan.

Lantas di mana bisa mendapatkan gambar berkualitas bagus seperti di atas?

Mudah saja, silakan dapatkan gambar  seperti di atas dari situs penyedia gambar yang menyediakan gambar-gambar berkualitas yang bisa Anda gunakan gratis.

Baca: 15 Situs tempat download gambar yang bagus dan gratis di internet

3. Gunakan gambar dengan ukuran proporsional

Gambar yang baik juga harus proporsional.

Namun dalam banyak kasus yang sering saya jumpai, sering kali saat presenter menginginkan gambar diperkecil atau diperbesar mereka melakukannya dengan cara yang salah. Sehingga gambar yang seharusnya baik malah tidak terlihat proporsional.

Contoh seperti gambar pada slide di bawah ini.

gambar slide terdistorsi
Slide di atas sekilas terlihat baik. Menggunakan gambar, menggunakan teks ringkas dan kontras.

Tapi jika Anda cermat, maka Anda melihat kalau gambar yang digunakan tidak proporsional. Itu terlihat dari ukuran gambar yang tidak seimbang.

Sekarang bandingkan dengan slide di bawah ini.

gambar slide proporsional

 

Slide diatas adalah slide yang sama dengan yang sebelumnya. Tapi slide ini jauh lebih baik dari sebelumnya, karena gambar yang digunakan proporsional.

Bagaimana supaya gambar proporsional?

Jika Anda ingin membuat gambar yang Anda gunakan proporsional, pastikan saat Anda memperkecil atau memperbesar ukuran gambar Anda menggeser gambar melalui pojok gambar.

Kemudian jika Anda perlu membuang sebagian dari gambar karena terlalu lebar atau terlalu tinggi, maka yang perlu Anda lakukan adalah memotong gambar dengan memanfaatkan fungsi Crop. Bukan dengan mengubah ukuran namun tidak proporsional.

4. Gunakan gambar yang memiliki white space yang cukup

Maksud dari white space adalah area kosong atau bidang negatif pada gambar.

Contohnya seperti dua gambar berikut ini.

white space pic 1

 

white space pic 2

Anda perhatikan yang disebut sebagai white space adalah area yang saya beri tanda bulat putih.

Tapi mencari gambar seperti itu kan gampang-gampang susah?

Memang perlu kesabaran untuk mendapatkan gambar yang terbaik.

Tapi kalau memang ternyata Anda sulit menemukan gambar dengan white space yang cukup, Anda masih bisa menyiasatinya, misalnya dengan menambahkan shape gradasi untuk menutup bagian gambar yang tidak Anda atau menghapus latar belakang gambar.

Baca: 6 Cara Optimasi Shape

5. Posisikan Gambar Dengan Tepat

Gambar yang relevan, ukuran yang tepat, resolusi yang baik dan proporsional akan membuat slide Anda memiliki tampilan visual yang baik. Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik lagi, Anda harus bisa menempatkan gambar pada posisi yang tepat.

Perhatikan slide di bawah ini.

penempatan gambar kurang tepat

Slide di atas adalah contoh slide yang sebenarnya sudah baik karena menggunakan gambar yang baik dan relevan.  Hanya saja gambar yang digunakan tidak ditempatkan dengan tepat.

Bandingkan dengan  slide  berikut ini.

penempatan gambar yang tepat

Dengan memposisikan gambar berada di samping kemudian teks ditempatkan tepat di depan wajah gambar sang tokoh, ini membuat asosiasi seolah-olah sang tokoh berbicara langsung kepada audiens.

Kemudian contoh lain cara memposisikan gambar dengan tepat juga dapat Anda lihat dalam slide di bawah ini.

penempatan gambar the rule of three

Slide di atas adalah contoh slide yang dibuat dengan memposisikan objek utama gambar pada garis tiga bagian atau sering kita kenal dengan teknik the rule of thirds.

Itulah lima tips menggunakan gambar yang baik dalam desain slide presentasi. Dengan menerapkan lima tips ini Anda akan mendapatkan tampilan slide visual yang lebih kuat dan profesional.

Bagaimana menurut Anda?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *