9 Hal Yang Dimiliki Oleh Public Speaker Hebat Yang Baiknya Juga Anda Miliki Sebagai Pembicara

Sebagian besar orang sukses dan berpengaruh adalah public speaker yang hebat. Dan rata-rata dari mereka memiliki kesamaan, sehingga mereka diakui sebagai public speaker hebat.

Di sini saya akan ajak Anda melihat 9 hal selain skill berbicara yang dimiliki oleh public speaker hebat, yang tentunya dapat Anda tiru dan Anda jadikan pelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan kredibilitas Anda sebagai seorang pembicara.

1. Pembelajar

Semua public speaker hebat adalah seorang pembelajar.

Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu hal, selain dari keahlian yang mereka miliki.

Sehingga rata-rata dari mereka doyan membaca dan belajar.

Mereka bisa belajar dari mana saja.

Termasuk belajar dengan yang lebih muda dari mereka.

2. Punya Tujuan

Pembicara hebat tahu betul tujuan dari setiap kegiatan berbicara yang mereka lakukan.

Dan itu selalu ditentukan di awal, bahkan sebelum materi dibuat.

Sehingga saat berbicara mereka dapat memilih teknik, gaya bicara, diksi yang tepat untuk mencapai tujuan yang sudah mereka tetapkan.

Kita pun jika ingin menjadi Public speaker yang hebat juga harus melakukan hal yang sama.

Pada saat akan presentasi, pidato atau yang lain kita harus tahu tujuan.

Apakah ingin memberikan pemahaman?

memotivasi?

Apakah ingin membujuk?

Semua harus jelas di awal.

3. Memahami audiens

Jika Anda bertanya, kenapa pembicara hebat begitu mudah mengubah cara pandang audiens, bahkan menggerakkan audiens melakukan yang mereka sampaikan

Maka jawabannya adalah karena mereka mengetahui dengan siapa mereka bicara. Mereka tahu latar belakang audiens, tahu keinginan, harapan dan harapan audiens.

Artinya jika kita ingin menjadi pembicara yang hebat, maka sebelum kita menyusun materi, kita harus tahu dulu siapa audiens kita.

Semakin banyak kita mengetahui latar belakang audiens, maka akan semakin mudah bagi kita menyusun materi dan menentukan pendekatan bicara yang tepat untuk kita gunakan saat berbicara.

Baca: 4 Cara Mengenali Audiens Presentasi

4. Antusiasme Tinggi

Antusias di sini maksudnya adalah bergairah.

Semua pembicara atau Public speaker hebat memiliki gairah tinggi terhadap topik yang mereka bawakan dan kegiatannya.

Kenapa gairah penting?

Karena gairah membuat mereka bersemangat dalam dalam belajar, semangat dalam melakukan persiapan dan juga semangat saat mereka membawakan materi dihadapan audiens.

Dan perlu Anda tahu gairah itu menular.

Jika Anda bergairah dengan topik yang Anda bawakan maka audiens akan merasakan gairah tersebut, sehingga audiens akan antusias untuk mendengar dan mengikuti jalannya kegiatan.

Karena itu munculkan selalu gairah dalam diri Anda, pada tiap topik presentasi yang anda bawakan dan kegiatan presentasi yang Anda lakukan.

Apakah saya juga melakukan hal yang sama?

Karena saya ingin menjadi public speaker hebat maka jawaban saya jelas ya.

Saya melakukannya.

Apapun topik yang saya bawakan saat saya diminta berbicara dalam seminar, webinar, training atau yang sejenisnya saya selalu antusias.

Dan antusias tersebut tidak hanya pada kegiatan presentasi yang berbayar saja, tapi kegiatan presentasi yang tidak berbayar pun antusias saya sama. Semangat saya sama.

5. Punya Gaya Bicara Sendiri

Di Indonesia ada beberapa tokoh yang saya kagumi gaya berbicaranya.

Yang menarik meskipun sama-sama hebat, mereka punya gaya dan ciri khas masing-masing, yang membuat mereka berbeda satu dengan yang lain.

Mencari gaya bicara sendiri memang tidak gampang.

Saya sendiri ketika awal belajar public speaking, gaya bicara saya identik dengan salah satu dosen saya.

Banyak  kawan-kawan saya bilang saat saya bicara, gaya saya sangat mirip dengan beliau.

Saya pun mengakui hal tersebut.

Karena beliau adalah salah satu dosen yang saya idolakan.

Dosen yang memotivasi saya dan jadi inspirasi saya belajar Public speaking.

Dan seiring berjalannya waktu, seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan berbicara, akhirnya saya bisa menemukan sendiri gaya bicara yang paling cocok untuk diri saya, yang membuat saya nyaman berbicara dalam even apapun yang saya lakukan.

Artinya untuk menemukan gaya bicara sendiri, diperlukan pemahaman diri yang baik akan kelebihan dan kekurangan Anda, dibutuhkan ilmu dan juga jam terbang.

Semakin Anda tahu tentang kelebihan dan kekurangan Anda, semakin meningkat pengetahuan dan jam terbang Anda, maka akan lebih mudah Anda menemukan gaya bicara sendiri yang sesuai dengan karakter Anda.

6. Punya Empati

Empati juga merupakan kualitas yang dimiliki oleh semua pembicara hebat.

Mereka sadar betul bahwa audiens yang datang dalam presentasi punya keinginan yang berbeda, audiens memiliki kebutuhan meski kadang mereka tidak memahaminya. Audiens datang tidak semuanya dengan sukarela dan memahami pentingnya presentasi untuk diri mereka (audiens)

Untuk itu dalam setiap presentasi atau kegiatan berbicara orientasi utamanya adalah kepuasan audiens. Sehingga informasi yang mereka sampaikan adalah informasi yang relevan dengan kebutuhan audiens, contoh yang mereka berikan berkorelasi dengan kondisi audiens, cerita yang mereka sisipkan adalah cerita yang menggugah emosi audiens, dan mereka tampil tulus dan itu tercermin dari vokal dan bahasa tubuh mereka.

Baca: Bagaimana Menginspirasi Audiens Dengan Empati

7. Punya Selera Humor

Punya selera humor bukan berarti harus selalu melucu dalam setiap kegiatan berbicara.

Selera humor yang saya maksud di sini adalah kesadaran bahwa humor diperlukan dalam setiap kegiatan berbicara, khususnya saat ada ketegangan maupun kejenuhan yang dirasakan audiens.

Sehingga dalam situasi yang tepat mereka tidak ragu menyisipkan humor dalam presentasinya.

Dan hebatnya, humor yang mereka lakukan sangat halus dan muncul sendiri tanpa direncakan.

Kenapa demikian?

Karena selera humor mereka tinggi, mereka sadar humor itu perlu dan disukai audiens.

Memang tidak gampang menciptakan kelucuan dalam kegiatan presentasi atau public speaking.

Saya pun kalau di tanya apakah selalu melucu atau merencanakan kelucuan dalam setiap presentasi saya, maka dengan tegas saya katakan saya tidak pernah merencanakannya.

Tapi karena selera humor cukup baik, ditambah jam terbang maka dalam kegiatan presentasi dengan sendiri kelucuan kadang tercipta.

Karena itu, jikalau Anda ingin menjadi pembicara yang hebat jadilah humoris, miliki kesadaran bahwa humor itu perlu sehingga saat diperlukan Anda menggunakan nya dalam presentasi yang Anda lakukan.

8. Mampu Mengendalikan Emosi

Dalam aktivitas public speaking ataupun presentasi ada banyak karakter audiens yang pasti dihadapi oleh setiap pembicara.

Ada audiens yang pendiam, ada yang suka bertanya, ada yang masa bodoh, ada yang kritis bahkan ada juga yang suka menantang. Baru bicara beberapa menit, sudah bertanya dan ngetes pembicaranya.

Beberapa karakter audiens tertentu kadang dapat menyulut emosi pembicara, sehingga memunculkan perdebatan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Tapi di sinilah yang membedakan pembicara hebat dan biasa saja.

Pembicara hebat sangat pandai mengelola emosi mereka.

Apapun emosi yang mereka rasakan, mereka tetap bisa tenang dan santai menghadapi situasi emosional yang ada.

Mereka tidak gampang marah dan tersulit emosi, sehingga mereka dengan mudah mengatasi apapun situasi emosional yang ada.

Kita pun perlu belajar hal ini. Mengendalikan emosi yang tidak perlu, karena apapun emosi yang kita keluarkan, meski kita punya alasan untuk melakukannya emosi yang tidak terkendali hanya akan menimbulkan kerugian, bahkan bisa merusak kredibilitas kita sebagai seorang pembicara.

9. Melek Teknologi

Saat ini kita telah memasuki era di mana teknologi telah berkembang begitu pesat. Termasuk teknologi presentasi juga terus berkembang.

Seorang pembicara yang hebat adalah pembicara yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, mereka adalah orang-orang yang melek teknologi, mereka dapat menggunakan teknologi dengan baik untuk mendukung kesuksesan presentasi.

Artinya untuk menjadi pembicara hebat di era modern sekarang, kemampuan public speaking saja tidak cukup, keahlian lain juga harus kita miliki agar kita dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan teknologi.

Beberapa keahlian yang perlu Anda kuasai, diantaranya:

Keahlian membuat slide presentasi

Keahlian menggunakan aplikasi meeting atau presentasi online semacam zoom atau yang lain.

Keahlian berbicara di depan kamera dan yang lainnya.

Jika saat ini Anda belum menguasai beberapa keahlian tersebut, maka Anda mau harus belajar.

Belajar bagaimana caranya membuat slide yang baik dan menarik

Belajar caranya menggunakan aplikasi zoom.

Belajar cara berbicara di depan kamera.

Belajar editing video dan lainnya.

Apapun skill yang diperlukan untuk menjadi pembicara hebat di era teknologi dan juga digital harus Anda menguasainya.

Itu tadi adalah sembilan hal yang dimiliki oleh public speaker hebat yang tentunya perlu juga anda miliki sebagai pembicara, khususnya menjadi pembicara modern seperti sekarang.

Donwnload Gratis! Template Powerpoint Kekinian Siap Edit Untuk Presentasi Anda

Isikan nama dan email aktif Anda pada form di bawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *