Tips Mempersiapkan Presentasi Tim Secara Efektif

Tips Mempersiapkan Presentasi Tim Secara Efektif

Presentasi Tim

Jika Anda sering melakukan presentasi tim atau presentasi kelompok maka artikel ini akan memandu Anda melakukannya dengan baik. Anda akan belajar bagaimana menyiapkan presentasi tim yang efektif dan menarik dengan hasil yang baik.

1. Menyiapkan Materi Bersama-sama

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam presentasi tim adalah menyusun konsep. Sebuah konsep yang matang akan membantu Anda dan tim dalam membuat presentasi yang efektif dan menarik.

Konsep ini harus di susun secara bersama-sama. Setiap anggota harus memiliki andil dalam menyiapkan materi yang baik. Anda bisa menggunakan brainstorming kelompok untuk menggali ide.

Setelah itu Anda dan tim harus mengembangkan ide tersebut menjadi materi presentasi yang siap untuk disajikan dalam presentasi.

Dalam tahap ini Anda juga harus menyamakan visi atau tujuan presentasi. Supaya setiap orang yang berada dalam tim memiliki arah dan tujuan yang sama dalam presentasi. Kalau pun nanti mereka harus improvisasi mereka tidak akan lupa dengan tujuan awal presentasi.

2. Membuat Desain Slide

Setelah konsep Anda dan tim selesai, langkah selanjutnya adalah membuat desain slide presentasi. Tugas ini harusnya tidak sulit, karena banyak orang yang bekerja dalam satu tim.

Yang perlu dilakukan pertama adalah membuat struktur presentasi. Anda dan tim harus memilih konten-konten utama yang akan Anda tampilkan dalam tiap slide. Setelah ini selesai Anda lakukan langkah selanjutnya adalah membuat sketsa gambar.

Sketsa gambar ini perlu supaya Anda dan tim mendapatkan presentasi visual yang menarik sesuai dengan konten presentasi Anda. Setelah struktur, dan sketsa jadi, barulah Anda mendesain slide Anda menggunakan powerpoint.

3. Pembagian Tugas

Setelah konsep dan desain jadi langkah selanjutnya adalah pembagian tugas. Pastikan setiap tim mengetahui tugas mereka masing-masing.

Misalnya, dalam tim terdiri dari 3 orang yang akan melakukan presentasi. Jumlah slide yang sudah dibuat adalah 30. Maka pembagian tugas bisa diberikan kepada masing-masing pembicara adalah 10 slide. Jadi masing-masing tim bertanggung jawab pada tugas yang sudah diberikan. Meskipun secara keseluruhan semua tim mengetahui semua isi presentasi.

Supaya lebih efektif lagi Anda bisa cetak slide yang sudah jadi. Kemudian kalimat yang akan disampaikan dalam tiap slide ditulis di bagian bawah slide. Ini akan memudahkan Anda dan tim dan belajar.

4.      Lakukan latihan bersama-sama

Setelah masing-masing tim mengetahui tugas mereka, langkah selanjutnya adalah melakukan latihan presentasi bersama-sama. Hal ini dilakukan untuk menambah rasa percaya diri sesama tim, menyesuaikan antara waktu dengan materi presentasi serta menentukan transisi yang efektif antar tim saat melakukan presentasi.

Lakukan latihan ini sampai Anda benar-benar mendapatkan cara terbaik dalam menampilkan presentasi. Percayalah jika ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka peluang sukses dalam presentasi akan jauh lebih besar.

Demikianlah tips mempersiapkan presentasi tim secara efektif.  Di sini memang dibutuhkan kerja sama yang baik antar tim untuk memastikan presentasi berjalan sesuai rencana. Hilangkan ego masing-masing dan jadilah satu dengan tim yang lain. Jika Anda bisa dan tim bisa melakukannya dengan baik, saya yakin presentasi tim Anda akan berjalan dengan efektif dan menarik.

Nah sekarang silakan Anda simak video presentasi tim di bawah ini. Supaya Anda tahu bagaimana membawakan presentasi tim dengan efektif

Bagaimana menurut Anda?

Photo Credit: ImagineCup

 

Eksklusif Gratis 5 Video Training Desain Slide Dan 9 Slide Presentasi Menarik
Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah ini

One Comment

  1. ulasan yang keren, sangat berguna buat saya yang sering membuat presentasi ( buat siswa saya tentunya). keren mas Roni, ditunggu tips2 selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *