Tips Menyampaikan Presentasi Makalah/Tugas Kuliah yang Baik Untuk Mahasiswa

Tips Menyampaikan Presentasi Makalah/Tugas Kuliah yang Baik Untuk Mahasiswa

Salah satu tugas penting yang pasti di lakukan oleh mahasiswa adalah presentasi. Namun sayang kebanyakan presentasi makalah, presentasi tugas kuliah tidak efektif dan membosankan.

Presentasi di sampaikan dengan cara membaca makalah, membaca slide, tidak menggunakan bahasa tubuh yang baik. Dan lebih yang lebih parah lagi kebanyakan mahasiswa tidak mampu menghadapi sesi tanya jawab dengan baik.

Hal ini jelas merugikan.  Sebagai presenter Anda tidak akan diperhatikan oleh audiens dan akan gagal mentransfer informasi materi kuliah kepada mereka. Dan satu lagi Anda akan kehilangan kesempatan untuk menarik simpati dosen terhadap diri Anda. Asal Anda tahu dosen paling suka melihat mahasiswa yang terampil melakukan presentasi.

Bagaimana menyampaikan Presentasi Makalah atau Tugas Kuliah Yang Baik?

Inilah pertanyaan yang akan saya jawab dalam artikel ini. Namun sebelum membahas hal itu. Ada beberapa kriteria dari presentasi materi kuliah yang harus Anda ketahui.

  • Presentasi materi kuliah umumnya dilakukan berkelompok
  • Presentasi kuliah bertujuan memberikan informasi terkait dengan mata kuliah yang sedang di tempuh.
  • Presentasi biasanya dilakukan dalam waktu 15-20 menit
  • Presentasi materi kuliah biasanya diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

Sekarang Anda sudah tahu kriteria dari materi presentasi kuliah. Dan tips yang akan saya sampaikan kali ini akan mengacu pada kriteria tersebut.

Apa saja tipsnya berikut adalah penjelasannya.

1. Mulailah dengan membuat makalah yang baik

Makalah yang baik adalah makalah yang efektif, sesuai dengan tujuan pembuatannya kemudian efisien, pas dengan batasan waktu yan tersedia.

Kemudian mengandung isi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Artinya sumber referensi yang Anda gunakan harus jelas.

Di sini saya tidak akan membahas tentang struktur makalah, karena pada dasarnya saya yakin Anda sudah paham

Yang paling penting di sini, saat Anda menyusun makalah, sumber referensi harus jelas.

Cari dan kumpulan referensi yang bagus, jangan hanya satu dua.

Saat Anda menyusun makalah, karena umumnya presentasi makalah atau tugas kuliah umumnya berkelompok, maka buatlah makalah bersama-sama.

Setiap anggota kelompok harus mempelajari referensi.

Jangan hanya satu dua orang saja, supaya setiap anggota memahami materi yang akan dibuat.

2.  Buat desain slide presentasi yang menarik

Saya sering melihat banyak mahasiswa saat presentasi menggunakan slide yang isinya penuh tulisan, bullet point di sana sini, tidak menggunakan visual yang kuat.

Itu membuat presentasi berjalan tidak efektif.

Kenapa demikian?

Karena saat Anda menggunakan slide dengan banyak tulisan, maka yang terjadi Anda akan berpotensi membaca slide saat presentasi saat melakukan presentasi.

Dan ini sering terjadi di kampus saat presentasi makalah, jarang mahasiwa yang menggunakan slide yang baik untuk presentasi.

Hal itu disebabkan karena memang mahasiswa kebanyakan tidak menguasai ilmu slide desain.

Mungkin juga termasuk Anda.

Karena jangan lakukan kesalahan yang sama.

Saat akan melakukan presentasi buatlah slide yang baik, slide yang menarik perhatian.

Kalaupun Anda belum menguasai ilmu slide desain, Anda bisa belajar.

Ada banyak online course atau produk digital yang secara khusus mengajarkan caranya mahir membuat slide desain, salah satunya adalah Great Presentation Design Pack, yang sampai dengan saat ini telah membantu lebih dari 700 pembaca rona presentasi seperti Anda memperbaiki skill desain mereka.

Atau kalau Anda mau yang lebih simple Anda bisa langsung gunakan template, template yang profesional dan mudah diedit untuk presentasi Anda.

Jadi Anda tinggal edit dan sesuaikan dengan konten presentasi Anda.

3. Lakukan latihan dengan tim

Lakukan latihan dan lakukan simulasi bersama teman-teman Anda.

Siapa preseter pertama kedua dan seterusnya.

Dengan latihan Anda akan percaya diri, Anda dan tim akan lebih siap melakukan presentasi.

4. Datang lebih awal sebelum presentasi

Anda bisa datang lebih awal satu jam atau 30 menit sebelum presentasi dilakukan.

Dengan datang lebih awal Anda akan punya waktu untuk mempersiapkan peralatan presentasi seperti persiapan leptop, persiapan LCD Proyektor, pointer, mikrofon dan persiapan lainnya.

Kemudian dengan datang lebih awal, Anda juga akan punya kesempatan untuk mempersiapkan diri Anda, beristrahat. Karena kalau Anda datang mepet, habis perjalanan langsung presentasi akan sangat merepotkan.

5. Buka presentasi dengan meyakinkan 

Untuk presentasi makalah berkelompok maka untuk berbicara pertama kali pilih orang yang memiliki rasa percaya diri paling tinggi, karena ini akan mempengaruhi psikologi anggota yang lain.

Saat membuka presentasi, ada banyak teknik membuka presentasi yang baik yang menarik sebenarnya bisa digunakan. Namun untuk presentasi makalah, Anda bisa buka dengan satu teknik yaitu menjelaskan maksud dan tujuan presentasi.

Penerepannya, Anda mulai dulu presentasi Anda dengan senyum dan salam, kemudian perkenalan diri dan anggota kelompok, setelah itu langsung lanjutkan pembukaan Anda sampaikan maksud dan tujuan presentasi Anda.

6.  Optimalkan komunikasi verbal dan non verbal (bahasa tubuh)

Mengoptimalkan komunikasi verbal maksudnya saat Anda menyampaikan presentasi apa yang Anda sampaikan harus jelas, bisa didengarkan, tidak ada gangguan verbal seperti mengucapkan kata eh atau ehm.

Kemudian pastikan juga kecepatan berbicara Anda jaga, gunakan dan intonasi yang tepat.

Selanjutnya untuk mengoptimalkan komunikasi non verbal maksudnya, saat berbicara gunakan bahasa tubuh untuk memperkuat pesan Anda, gunakan ekspresi wajah, gerakan tangan atau elemen tubuh Anda lainnya. Sehingga setiap pesan akan lebih kuat dan meyakinkan.

7.  Gunakan transisi yang baik

Dalam presentasi tim, Anda harus memperhatikan pula transisi ketika terjadi pergantian presenter.

Presenter yang lebih dulu harus membuat transisi yang mengarahkan ke presenter selanjutnya. Bagi presenter selanjutnya bisa mengulas sedikit apa yang disampaikan presenter sebelumnya, kemudian baru ia menyampaikan apa yang perlu ia sampaikan.

8.  Tutup presentasi Anda dengan kuat

Jika dalam pembukaan Anda membangun kesan pertama yang menarik, maka dalam penutupan presentasi Anda membangun kesan yang kuat mendalam. Harapannya audiens mengingat apa yang Anda sampaikan setelah mendengarkan presentasi yang Anda sampaikan.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan  dalam menutup presentasi makalah adalah dengan merangkum materi presentasi, kemudian Anda bisa juga tambahkan ajakan kepada audiens untuk aktif dalam sesi tanya jawab setelah presentasi dilakukan.

9.  Hadapi sesi tanya jawab dengan cemerlang

Presentasi makalah adalah presentasi tim, maka setiap tim atau enggota masing-masing harus berkontribusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens.

Karena perlu Anda tahu meski presentasinya tim, tapi dosen menilai secara personal.

Artinya yang aktif nilainya akan tinggi, sedangkan yang pasif nilai akan standar bahkan bisa kurang.

Karenanya pastikan setiap anggota aktif dalam sesi tanya jawab.

Baca: Tips Menghadapi Tanya Jawab Dalam Presentasi

Demikianlah tips presentasi makalah atau tugas kuliah. Terapkan tips ini adalah presentasi Anda. Percayalah Anda akan sukses dan Anda akan mendapatkan respek dari teman-teman Anda, bahkan dosen Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda punya pertanyaan atau apapun itu yang terkait dengan cara menyampaikan presentasi materi kuliah, silakan Anda sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar.

Setelah pertanyaan Anda kami terima dengan segera kami akan memberikan ulasan jawabannya.

Percayalah kami sangat ingin membantu Anda, menjadi mahasiswa dan mahasiswa yang terampil berbicara dalam presentasi maupun diskusi di kelas.

Photo credit: UFV – Student Research Day

Eksklusif Gratis 5 Video Training Desain Slide Dan 9 Slide Presentasi Menarik
Daftarkan email aktif Anda pada form di bawah ini

12 Comments

  1. Bagaimana cara mengungkapkan kata terakhir ketika selesai membacakan isi dari makala yang akan kita bawakan?

  2. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Sukses presentasi berikut artikel yang terkait tersebut di RAHASIA KUNCI SUKSES PRESENTASI DENGAN SEMPURNA

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *